Pages

Wednesday, May 25, 2011

Manusia dan Keindahan

Soal :

1. Apa bedanya keindahan sebagai suatu kualitas abstrak dengan sebuah benda tertentu yang indah (terlihat) ?
2. Apa bedanya nilai ekstrinsik dengan intrinsik ?
3. Jelaskan pengertian dari kontemplasi dan ekstansi ?

Jawab :
1. Keindahan sebagai suatu kualitas abstrak itu keindahan yang sulit dipahami dengan kata - kata karena kita tidak bisa melihatnya akan tetapi keindahannya dapat kita rasakan. Sedangkan keindahan yang terlihat yaitu keindahan yang jelas dapat terlihat oleh mata yang kita bisa nilai dari segi wujudnya yang setiap wujudnya apapun itu.


2. Nilai ekstrinsik adalah sifat baik atau aura positif dari suatu benda sebagai alat atau sarana untuk sesuatu hal lainnya (Instrumental/Contribution Value), yakni bersifat sebagai alat atau membantu.
    Nilai intrinsik adalah sifat baik dari benda yang bersangkutan, atau suatu tujuan ataupun demi kepentingan benda itu sendiri.

3. Kontemplasi diartikan sebagai aktivitas melihat dengan mata atau dengan pikiran untuk mencari sesuatu dibalik yang tampak atau tersurat misalnya, dalam ekspresi seseorang sedang berkontemplasi dengan bayang-bayang atau dirinya dimuka cermin. 
  Ekstansi adalah dasar dalam diri manusia untuk menyatakan, merasakan dan menikmati sesuatu yang indah. Apabila kontemplasi dan ekstansi itu dihubungkan dengan kreativitas, maka kontemplasi itu faktor pendorong untuk menciptakan keindahan, sedangkan ekstansi merupakan faktor pendorong untuk merasakan, menikmati keindahan.

No comments:

Post a Comment