Pages

Saturday, May 21, 2011

Manusia dan Pandangan Hidup

Manusia dalam kehidupannya pasti ada yang namanya masa depan. Untuk mencapai masa depan yang diinginkan pasti setiap manusia mempunyai pandangan hidupnya masing - masing. Pandangan hidup itu sendiri mempunyai arti yaitu pendapat atau pertimbangan yang dijadikan suatu pedoman hidupnya di dunia. Pandangan hidup itu sendiri dibagi menjadi 3 macam, yaitu :

1. Pandangan hidup yang berasal dari agama
2. Pandangan hidup yang berupa ideologi
3. Pandangan hidup hasil renungan 

Adanya pandangan hidup karena pada dasarnya terdapat beberapa unsur yang dapat memunculkan pandangan hidup seperti :

Cita - Cita,
  Merupakan suatu keinginan, harapan tujuan yang akan tetap selalu ada di dalam pikiran kita masing - masing. Apapun manusia akan melakukan usahanya asal demi cita - citanya dapat diraih. Akan tetapi, cita - cita dapat diraih tergantung dari 3 faktor, yaitu :


- Manusia yang memiliki cita - cita
- Kondisi yang dihadapi selama mencapai apa yang dicita - citakannya
- Seberapa tinggikah cita - cita yang hendak dicapai

 Kebajikan,
  Merupakan tindakan yang dapat mendatangkan kebaikan, domana pada hakikatnya sama seperti perbuatan moral yang sesuai dengan norma agama dan etika. Ketika manusia melakukan perbuatan kebajikan, pasti ada faktor yang membuat dirinya terdorong untuk melakukan kebajikan. Faktornya yaitu suara hati, suara hati itu sendiri adalah semacam bisikan hati yang mendesak seseorang untuk menimbang dan menentukan baik buruknya suatu perbuatan, tindakan atau tingkah laku.  Maka kebajikan itu sendiri ialah perbuatan yang sesuai dengan suara hati kita, masyarakat serta hukum Tuhan.


Usaha/Perjuangan,
  Suatu kerja keras dimana dari kerja keras itu kita akan dapat apa yang kita mau. Kerja keras itu mengerahkan segalanya apa yang bisa kia lakukan dengan diri kita, entah dengan tenaga, otak ataupun kedua duanya juga dapat kita kerahkan. Sesungguhnya manusia yang menghargai dirinya sendirilah yang masih tetap berusaha kerja keras menggapai apa yang diimpikannya.


Keyakinan/ Kepercayaan,
  Kalau umat Islam bilang bajwa keyakinan/kepercayaan adalah  iman. Iman itu adalah meyakini, memercayai segala yang di turunkan oleh Tuhan. Menurut Prof. Dr. Harun Nasution ada 3 aliran filsafat yaitu :


- Aliran naturalisme, hidup manusia dihubungkan dengan kekuatan gaib. Kekuatan gaib itu sendiri bisa didapat dari alam, dan alam itu dari Tuhan. Tetapi yang tidak percaya pada Tuhan, alamngkat merupakan tingkatan yang tertinggi. Aliran naturalisme ini berisikan spekulasi - spekulasi  mungkin ada Tuhan kemungkinan juga tidak ada.

- Aliran intelektualisme, hidup manusia yang mengutamakan akal logikanya sendiri. Manusia yakin bahwa dengan kekuatan pikiran kebajikan itu dapat dicapai dengan sukses.

- Aliran gabungan, hidup manusia yang berhubungan dengan kekuatan gaib beserta diiringi oleh hubungan logikanya. Jadi apa yang benar menurut logika berpikir juga dapat diterima oleh hati nurani. Kebajikan yang dikehendaki adalah kebajikan menurut logika berpikir dan dapat diterima oleh hati nurani, semuanya itu berkat karunia Tuhan.
   
  Selain berpandangan hidup memunculkan pandangan - pandangan hidup seperti poin - poin diatas, dalam berpandangan hidup pun ada langkah - langkahnya seperti :

1. Mengenal
2. Mengerti
3. Menghayati
4. Meyakini
5. Mengabdi
6. Mengamankan

No comments:

Post a Comment