Pages

Tuesday, November 16, 2010

Dua Huruf yang Dapat Meremix Lagu

  
    Sebenarnya DJ itu apa sih? Pasti itu yang ditanyakan oleh orang - orang awam kebanyakan. Makanya saya menulis artikel mengenai DJ supaya para Bloger yang membaca ini bisa tau DJ itu apa sih sebenernya.
    DJ a.k.a Disc Jockey itu adalah orang yang mempunyai keterampilan untuk memilah milih dan memainkan suatu rekaman suara atau lagu yang telah direkam sebelumnya untuk para pendengar yang sesuai yang diinginkannya. Sebenarnya, ungkapan istilah kata DJ ini pertama kali ditujukan pada seorang peyiar radio yang akan memperkenalkan dan memainkan rekaman gramophone yang populer. Rekaman pada media ini disebut dengan istilah "cakram" , oleh karena itu nama Disc Jockey atau yang sering dikenal  sebagai DJ . Karena berbagai faktor, termasuk musik yang mau dipilih apa aja, para pendengarnya, penyetelan alatnya, media yang bakal dipakai dan perkembangan dari pemanipulasian suaranya telah menghasilkan berbagai macam teknik dari DJ.
    Adapun berbagai macam teknik untuk nge-DJ seperti  campur suara (audio mixing), cueing, slip-cueing, phrasing, memotong musik (cutting), beat juggling, menggesek ( scratching), menyamakan ketukan (beatmatching), menjatuhkan jarum (needle drops), menggeser fasa (phase shifting), dll. Ngga lengkap kalo nulis soal DJ tapi ngga tau alat - alat utama beserta alat penunjang. Ini dia alat - alat yang bakal digunain buat nge-DJ. Alat yang paling dipentingin itu adalah 
  • Rekaman suara atau lagu sumbernya bisa didapetin seperti piringan hitam, Compact Disc, MP3, MP4 dan sejenisnya.
  • Record players, compact disc players, ataupun mp3 players
  • Sound System buat  menguatkan dan memperbesar volume suara. Makin besar ukuran speaker dan suara yang dipakai makin nikmat banget nge-DJnya.
    Lalu beberapa alat penunjangnya seperti mixer lagu yang digunain buat ngenyelarasin dua atau lebih peralatan playback, sebuah mikropon yang digunain buat menguatkan suara orang tersebut  dan headphone yang digunain untuk mendengarkan rekaman sambil memutarkan lagu atau suara yang lain, tanpa kehilangan kontrol suara yang didengarkan pendengarnya, itu sangat diperlukan. Macam-macam peralatan juga dapat ditambahkan ,seperti  samplers, drum machines, effects processors, slipmats, dan Computerized Performance Systems ( CPS )
    DJ itu sebenernya ngga cuma satu macam aja. Ada beberapa jenis DJ seperti :  
  • DJ Radio, adalah seseorang yang memilih dan memainkan musik yang kemudian dipancarluaskan melalui gelombang radio. 
  •  DJ kamar tidur (Bedroom's DJ), seseorang yang mempunyai peralatan (seperti turntables, mixer, CDJ dsb) dan mempunyai kesabaran untuk memusik,akan tetapi tidak dimainkan di tengah keramaian seperti di diskotik, cafe atau acara khusus. Malahan, mereka memainkannya dirumah temannya, merekam mixtapes atau melalui internet via perangkat lunak broadcasting suara, seperti shoutcast. 
  • DJ klub,adalah seseorang yang memilih dan memainkannya dalam sebuah klub. Setting dapat bermacam-macam mulai dari klub kecil, pesta tetangga, disko, atau acara dalam stadion sekalipun.
  • DJ Hip hop,adalah seseorang yang memilih,memainkan dan menciptakan musik dan juga sebagai seorang artis hip hop dan atau juga pembawa acara,biasanya membantu satu atau lebih MCs.
    Sebagai salah satu contoh seorang DJ yaitu DJ Tiesto yang kini merupakan DJ number one didunia sejak tahun 2004. Ia sangat terkenal sampai sampai dia sudah berkeliling dunia untuk menunjukan perfomancenya demi para penikmat lagu - lagu dari DJ salah satunya negara Indonesia.
    DJ dapat dikatakan sebagai sebuah profesi pula karena dari sebuah hobi yang saling memadukan lagu satu dengan lagu - lagu lainnya dan tidak semua bisa melakukan itu dapat menghasilkan pendapatan untuk kehidupan sehari. Tidak sedikit orang yang suka menikmati lagu -lagu dari seorang DJ, dan oleh karena itu DJ sebagai suatu entertainer sangat berpengaruh dalam dunia permusikan  masa kini.

    Segitu aja dulu artikel yang gue tulis kali ini semoga bermanfaat bagi kalian yang baca ini. Salam ajeb - ajeb bagi kalian yang punya hobi ngajeb. haha

No comments:

Post a Comment