Pages

Wednesday, November 17, 2010

Kenapa ya Mesti Tidur Siang?

    Biasanya nih ya orang kalo udah menjelang siang hari pasti kebanyakan orang yang dari pagi melakukan aktivitas pembawaannya pasti capek dan maunya istirahat. Selain makan dan minum untuk menghilangkan sejenak rasa capek yang harus dilakukan adalah tidur siang.

    Kenapa harus tidur siang? Ini dia jawabannya, bahwa para peneliti mengatakan tidur sejenak  di siang hari bisa mengurangi kemungkinan kematian akibat serangan jantung, terutama di kalangan pria muda. Mereka yang tidur siang setidaknya selama setengah jam paling tidak tiga kali dalam seminggu, memungkinkan 37% rendah terkena serangan jantung. Beberapa negara yang warganya terbiasa untuk tidur siang sejenak cenderung mempunyai resiko lebih rendah terkena serangan jantung, namun berbagai penelitian mengenai hal tersebut menunjukkan hasil yang bermacam - macam. Sesuai dengan survey para penelii Yunani bahwa dari  23.681 pria dan wanita berusia antara 20 - 86 tahun. Para responden tidak pernah mengidap penyakit jantung atau penyakit berat lainnya.
    Jika penelitian ini didukung oleh ujicoba lain, mungkin tidur siang sebentar bisa ditetapkan sebagai salah satu metode menarik untuk mengurangi penyakit jantung. Dr Dimitros Trichopoulos dari Harvard School of Public Health. Para responden ditanya apakah mereka tidur sebentar di siang hari dan seberapa sering. Mereka juga ditanya kebiasaan makan dan kegiatan fisik sehari-hari. Para peneliti menemukan bahwa mereka yang tidur sebentar mempunyai resiko 34% lebih rendah terkena penyakit jantung dibandingkan mereka yang tidak tidur siang.Mereka yang tidur siang lebih dari setengah jam setidaknya tiga kali dalam seminggu, mempunyai resiko 37% lebih rendah.
    Sebagai contoh, para karyawan pria yang tidur sebentar di siang hari, rata-rata memiliki resiko 64% lebih rendah meninggal dunia dibandingkan dengan pria-pria yang tidak bekerja, yang hanya memiliki kemungkinan 36% lebih rendah. Untuk para wanita para peneliti tidak memiliki cukup data untuk melakukan perbandingan sejenis.Para peneliti mengatakan tidur siang bisa mengurangi stress dan karena itulah dampaknya lebih terlihat di kalangan pria-pria yang bekerja.
    Ketua tim peneliti, Dr Dimitros Trichopoulos dari Harvard School of Public Health, mengatakan di negara-negara di mana tingkat kematian akibat penyakit jantung rendah, tidur siang sebentar adalah sesuatu yang lumrah. Yang perlu diperhatikan, lanjut Dr Trichopoulos adalah penelitian ini menggunakan banyak responden, terbatas pada orang-orang yang sehat, dan mereka berhati-hati dalam mengontrol kegiatan fisik.
“Apa yang bisa kami katakan adalah penelitian ini layak diteruskan,” katanya.
Ia menambahkan jika penelitian ini didukung oleh ujicoba lain, mungkin tidur siang sebentar bisa ditetapkan sebagai salah satu metode menarik untuk mengurangi penyakit jantung, karena cara ini tidak mempunyai efek samping. Satu faktor yang tidak boleh diabaikan adalah orang-orang tidak boleh mengurangi kegiatan fisik pada hari tersebut setelah tidur siang sebentar.
    June Davison, dari Yayasan Jantung Inggris mengatakan temuan menarik ini menunjukkan tidur siang mempunyai kaitan dengan berkurangnya kematian akibat masalah jantung, terutama di antara para pekerja pria.
“Tidur sebentar di siang hari membantu orang-orang bersantai dan rileks, yang sangat penting bagi kesehatan secara umum,” ujar Davison.
“Namun penting juga untuk menyeimbangkan antara istirahat dan melakukan aktivitas karena aktivitas fisik secara reguler juga mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung,” tandasnya.
    Lalu, ada lagi nih manfaat dari tidur siang yaitu yang katanya bisa mendongkrak ingatan kita. Apa bener tuh? Ini dia penjelasannya.
     Penelitian terakhir mengungkapkan tidur siang baik untuk mendongkrak ingatan. Pengaruh tidur siang jelas terlihat hasilnya untuk meningkatkan kemampuan mengingat hal-hal jangka panjang dan hal-hal yang bersifat penjelasan. Itulah temuan tim peneliti yang dipimpin Avi Karni, seorang ahli ilmu otak dari Universitas Haifa, Israel yang dipublikasikan jurnal Nature Neuroscience edisi terbaru. Memori jangka panjang biasanya tetap diingat seseorang selama bertahun-tahun, misalnya melihat terjadinya kecelakaan mobil di depan mata. Sementara, memori yang bersifat penjelasan, misalnya cara bermain drum atau video game. 
   Dalam percobaannya, Karni meminta sukarelawan mengingat-ingat permainan jari yang rumit. Mereka kemudian dibagi menjadi dua kelompok, salah satu tidur siang selama setahun dan lainnya tidak. Ternyata, sukarelawan-sukarelawan yang tidur siang mampu mengingat lebih baik daripada yang tidak tidur. Setelah tidur malam, kemampuan kedua kelompok tak jauh berbeda, namun kelompok yang tidur siang tetap saja menunjukkan kemampuan mengingat lebih baik. "Kami masih belum mengatahui bentuk mekanisme proses memori yang bekerja selama tidur, namun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa meningkatkan konsolidasi memori memungkinkan untuk dilakukan," ujar Karni. Bahkan, ia yakin suatu saat dapat direkayasa. 
    Penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh tidur dan ingatan menunjukkan bahwa tidur siang selama 90 menit paling ampuh untuk membantu otak mempertahankan ingatan jangka panjang. "Tidur siang hari memperpendek waktu bagi otak untuk mampu mengatasi gangguan dan kelupaan," ujar Karni. Selain pada saat tidur malam yang berlangsung normalnya 6-8 jam, konosolidasi ingatan di otak sangat baik bila dilakukan pada 90 menit tidur di siang hari.
    Itu dia beberapa manfaat dari tidur siang beserta pembuktiannya. Jadi, berilah waktu senggang anda untuk tidur siang yaaa, Toh manfaat dari semuanya kan kita yang merasakannya sendiri. Yaudah segitu aja ya dulu semoga bermanfaat.
   Salam bobo siang yaaa ... haha bye


sumber artikel ini dari : http://masenchipz.com/manfaat-tidur-siang dan http://id.shvoong.com/medicine-and-health/1769474-tidur-siang-bisa-dongkrak-ingatan 

No comments:

Post a Comment