Pages

Wednesday, May 8, 2013

Sleeping Dogs


    Kali ini saya akan sedikit membahas tentang game yang katanya cukup dapat dibilang menjadi pesaing dari salah satu game raksasa buatan Rockstar, tak lain tak bukan adalah seri Grand Theft Auto (GTA). Kali ini yang akan dibahas yaitu mengenai game Sleeping.
    Sleeping Dogs sendiri semula merupakan game bernama True Crime: Hong Kong yang sempat dikira sudah “mati” karena memang sempat menghilang kabarnya dari peredaran. Setelah berpindah tangan dari Activision, game tersebut dilanjutkan oleh studio United Front Games dan Square Enix London yang sebelumnya telah berpengalaman dalam mengembangkan Just Cause 2 dan Batman Arkham Asylum. Meskipun telah dipegang oleh pihak yang berbeda, Sleeping Dogs tidak begitu banyak mengubah konsepnya, yaitu sebuah kisah tentang agen polisi yang sedang menyamar untuk menghancurkan geng kriminal Triad di kota Hong Kong.

    Sleeping Dogs sendiri bergenre open-world, third person shooter, action, role playing. Dari genrenya dapat dilihat kalau nantinya sang karakter utama, Wei Shen, akan dapat menjelajah kota fiksi yang merupakan representasi dari kota Hong Kong sambil menjalankan misi sebagai polisi rahasia. Dari berbagai screenshot dan video gameplay yang banyak beredar, semakin memperkuat Sleeping Dogs sebagai kandidat game yang cukup berpotensi disebut sebagai pesaing seri GTA.
    Artikel ini tidak akan terlalu banyak membahas info-info umum yang sudah sering kalian temui di berbagai situs game, namun akan lebih spesifik membahas apa yang menjadi daya tarik dari game Sleeping Dogs ini.
    Ada beberapa hal menarik pada permainan ini. Sleeping Dogs sendiri bergenre open-world, third person shooter, action, role playing. Dari genrenya dapat dilihat kalau nantinya sang karakter utama, Wei Shen, akan dapat menjelajah kota fiksi yang merupakan representasi dari kota Hong Kong sambil menjalankan misi sebagai polisi rahasia. Dari berbagai screenshot dan video gameplay yang banyak beredar, semakin memperkuat Sleeping Dogs sebagai kandidat game yang cukup berpotensi disebut sebagai pesaing seri GTA.
    Artikel ini tidak akan terlalu banyak membahas info-info umum yang sudah sering kalian temui di berbagai situs game, namun akan lebih spesifik membahas apa yang menjadi daya tarik dari game Sleeping Dogs ini.

  • Nilai Plus Game Ini
    Siapa sih yang ngga suka jalan-jalan dalam game bergenre open world? Yang pastinya akan cukup menyenangkan mengeksplorasi representasi kota Hong Kong dalam game ini.Dengan adanya campur tangan staf yang berpengalaman dalam mengembangkan game Batman AA/AC, tentunya mekanika pertarungan yang ditawarkan sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Akan banyak aksi akrobatik yang dapat dilakukan Shen. Melompat dari motor ke atap sebuah mobil yang sedang melaju kencang bisa jadi terlihat sangat menyenangkan. Tidak hanya andil dari staf Batman AA/AC saja yang membuat gameplay Sleeping Dogs menjadi menarik. Andil dari staf yang pernah mengembangkan seri game Need for Speed juga turut menjanjikan minigame balap yang menarik. Balap mobil di jalanan area pedalaman yang sepi di Hong Kong, hmm.. sepertinya cukup menarik. 

  • Nilai Minus Game Ini
    Dari berbagai video gameplay yang banyak beredar di Youtube, sistem mekanika baku tembak di Sleeping Dogs masih belum begitu sempurna. Terlihat dari susahnya membidik dan (sepertinya) tidak adanya fitur auto-aim membuat aksi ini begitu kaku. Di samping itu juga masih terlihat beberapa postur animasi yang dirasa kurang pas.

  •  True Crime vs Sleeping Dogs | Dulu dan Kini
    Setelah sempat terpuruk akhirnya proyek game yang telah berganti nama ini mengalami banyak peningkatan yang cukup pesat. Tidak hanya dari tampilan grafis saja, namun desain karakter, animasi, efek, dan lingkungannya pun sudah cukup baik. Beberapa perkembangannya dapat dilihat dari perbandingan berikut.





    Berikut ini merupakan salah satu video trial dari game 'Sleeping Dogs'.







No comments:

Post a Comment