Untuk para penggemar video game
dan animasi pasti sudah tidak asing lagi dengan grafik 2D/3D. Dengan adanya perkembangan grafik komputer yang pesat, sangat memudahkan kita untuk berinteraksi dengan komputer dan memahami konsep yang diberikan secara
visual. Perkembangan grafik komputer juga berdampak besar terhadap revolusi
dibidang animasi dan video game.
Pengertian
grafik komputer yaitu suatu bidang dari komputasi visual, dimana orang yang
menggunakan komputer tersebut bertujuan menghasilkan gambar visual secara sintetis dan
untuk mengintegrasikan atau mengubah informasi mengenai ruang dan visual yang
ada pada dunia nyata.
Grafik komputer mengalami
kemajuan dimulai pada tahun 1960-an. Berawal dari pengembangan program yang
bernama Sketchpad oleh Ivan Sutherland. Sketchpad sendiri merupakan suatu
program revolusioner yang ditulis oleh Ivan Sutherland pada tahun 1963. Program
tersebut membantu merubah cara orang berinteraksi dengan komputer. Peranan
Sketchpad sangat penting karena dianggap sebagai nenek moyang dari program
Computer Aided Drafting (CAD) dan menjadi suatu terobosan utama di dalam
pengembangan grafik komputer secara umum. Dengan adanya Sketchpad, Ivan
Sutherland mempertunjukan bahwa grafik komputer dapat digunakan untuk tujuan
teknis dan artistik.
Berawal dengan kemunculan grafik
2D. Grafik 2D dapat kita ketahui berdasarkan ruangnya yang hanya memiliki dua
sisi, yaitu x dan y. Dalam pengambilan gambarnya sendiri dapat menggunakan
vektor atau Bitmap. Sedangkan bila kita melihat suatu animasi yang bergerak,
berjalan, melompat, berlari dan semacamnya, hal itu dapat terjadi karena gambar
yang dibuat satu persatu atau disebut juga frame untuk menghasilkan gerakan
gerakan tersebut. Sehingga bentuk gerakan ditentukan oleh gambar yang dibuat,
jumlah frame yang digunakan, serta hitungan gambar per detik. Jadi semakin
tinggi hitungan gambar per detiknya maka semakin mulus juga gerakan yang akan
dihasilkan. Sebagai contoh grafik 2D pada game 2D dibatasi dengan konsep awal
yang dikenal side-scrolling background. Side-scrolling background adalah suatu
game dimana saat kita mainkan kameranya akan bergeser ke kanan atau ke kiri
dengan kecepatan sesuai dengan gerakan dan kecepatan karakter yang kita
mainkan/gerakkan pada game tersebut, contoh game yang termasuk pada jenis ini
biasanya adalah jenis platform genre seperti super Mario bross, Sonic dan
Megaman. 2D merupakan suatu konsep dimana semua objek berada pada satu bidang
datar. Anda tidak bisa bebas bergerak ke segala sisi, gerakan dibatasi hanya
horizontal dan vertikal atau secara vertikal gerakan dibatasi hanya pada sumbu
x dan y.
Kemudian kembali muncul teknologi
grafik komputer yang disebut dengan 2.5D atau pseudo-3D atau pada istilah game
lebih dikenal dengan isometric/diametric atau bahkan trimetric projection.
Biasanya grafik seperti ini memang mirip grafik 2D dimana objek hanya bisa
bergerak secara horizontal dan vertikal, namun beberapa gambarnya dirender
secara 3D. Akhirnya pada era 1990-an grafik
2D sudah mulai ditinggalkan dan beralih ke grafik 3D yang lebih bersifat
inovatif. Grafik 3D berbeda dengan grafik 2D. Pada grafik 3D menggunakan tiga
dimensi representasi dari data geometrik yang disimpan dalam komputer untuk
tujuan melakukan perhitungan dan render gambar 2D. Sistem koordinat pada grafik
3D terdapat 3 sumbu yaitu x, y, dan z. WCS ( world coordinate system ), wcs
adalah koordinat yg posisidan arahnya selalu tetap dan bersifat absolute.
Disini arah sumbu x,y,z yang anda masukan selalu dihitung dari titik acuan yang
sama, tidak tergantung dari arah pandang saat ini. Sistem koordinat 3D juga
bersifat UCS ( user coordinate system ), ucs adalah sistem koordinat yang dapat
diubah-ubah ( dipindah dan dirotasikan ) sesuai dengan keinginan pengguna.
Suatu objek 3D mempunyai titik/vertex (x,y,z) yang membentuk sekumpulan
luasan-luasan (face) yang tergabung dalam satu kesatuan. Face disini disebut
juga sisi. Pada objek 3D tidak semua face terlihat karena terdapat face-face
yang berada di bagian belakang dan terhalang oleh face yang lainnya. Dalam
penggunaan perngkat lunaknya, perbedaan antara 2D & 3D kadang-kadang sulit
terlihat. Hal ini dikarenakan aplikasi 2D dapat menngunakan tehnik 3D untuk
menghasilkan suatu efek seperti pencahayaan dan dalam 3D dapat menggunakan
tehnik render 2D.
Proses membuat garafik 3D
mempunyai beberapa tahapan dasar. Yang pertama yaitu 3D modeling yang
menggambarkan proses pembentukan tata letak, kemudian objek dan animasi yang
menggambarkan gerakan dan penempatan objek dalam adegan, dan tahapan 3D
rendering yang memproduksi gambar objek. Pemodelan 3D menggambarkan proses
pembentukan bentuk objek dengan penggunaan perangkat lunak. Model juga
diproduksi secara prosedural atau melalui simulasi fisik. Sebelum objek tersebut
direndering, mereka harus diletakkan dalam suatu adegan. Inilah yang
mendefinisikan hubungan spesial antara objek dalam sebuah adegan termasuk
lokasi dan ukuran. Animasi mengacu pada deskripsi temporal yaitu, objek,
bagaimana bergerak dan deformasi dari waktu ke waktu. Seperti pemodelan,
simulasi fisik adalah cara lain untuk menentukan gerak. Rendering mengkonversi model
menjadi sebuah gambar baik dengan simulasi transportasi cahaya untuk
mendapatkan gambar fotorealistik sehingga objek terlihat lebih hidup.
Contoh Game 2D
Beberapa game yang terkenal dengan grafik 2 dimensinya adalah:
Pong : game yang dibuat berdasarkan permainan tenis meja ini adalah game bergrafik dua dimensi yang pertama yang bisa dimainkan oleh dua orang, game ini terdiri dari 2 buah pemukul dan 1 bola virtual. Tujuan dari game ini adalah sama dengan tenis meja dimana para pemain harus memukul bola secara bergantian hingga salah satu tidak dapat memukul (mengenai) bola tersebut.
Pong
Space invader : merupakan game arcade bergrafik dua dimensi pertama
kali yang dibuat pada tahun 1978 oleh Tomoshiro Nishikado. Dimana tujuan game
ini adalah menembak jatuh kapal musuh yang berupa pesawat alien di setiap
levelnya. Sampai sekarang banyak yang mengadopsi gameplay dari permainan ini.
Hal inilah yang membuktikan bahwa game akan menarik jika gameplay yang
diciptakan menarik dibandingkan dengan grafik game itu sendiri.
Space invader
Legend Of Zelda : ini adalah game RPG dua dimensi yang
pertama kali dapat melakukan save data, sehingga user tidak perlu mengulang
lagi permainan dari awal setiap mematikan console gamenya tapi dapat memulai
dari tempat dimana ia menyimpan data game tersebut. Game ini dibuat oleh Shigeru
Miyamoto, beliau juga menciptakan game arcade terkenal lainnya yaitu Donkey
Kong dan Super Mario Bros.
Zelda
Nexia : game online RPG keluaran BolehGame pertama di Indonesia
muncul pada bulan Maret tahun 2001 dengan grafik sederhana berbasis 2D. Nexia
hanya membutuhkan spesifikasi komputer yang cukup kecil, dan bahkan bisa
dimainkan di Pentium 2, dengan grafik card 3D minimal. Game keluaran Nexus
(Korea) ini juga mudah di-install pada komputer-komputer warnet yang kebanyakan
memiliki spesifikasi 'yang penting bisa internet'. Memperkenalkan bermain game
dan chat bersama pertama di Indonesia, game dengan karakter imut kecil ini
sukses tanpa mendapat saingan. Walau 2D dan simple, game ini memberi kesan
cukup mendalam pada gamer-gamernya, terbukti setelah beberapa tahun berlalu
masih banyak yang menunggu sequelnya bahkan banyak jugamemainkan Nexia server
internasional.
Nexus
Game yang terdiri dari 4 karakter utama (mage, roque, warrior dan poet)
ini mempunyai dunia jelajah yang luas, dan disertai dengan banyak quest sesuai
levelnya. Selain itu Nexia mempunyai banyak 'side job' seperti menambang,
menjahit, menempa, yang bisa menghabiskan waktu-waktu hingga ratusan jam
permainan untuk mencapai tingkat mahaguru. Game ini ditutup sekitar tahun 2004 karena
lisensinya tidak diperpanjang lagi.
Contoh Game 3D
Ragnarok Online (RO) : Game yang kisahnya diambil dari sebuh komik karya komikus terkenal Korea ini, sudah terkenal sebelum masuk ke Indonesia. Banyak gamer Indonesia telah antusias menunggu game ini hingga rela memainkannya dengan lag-lag di server internasional. Ketika game yang booming di mancanegara ini masuk ke Indonesia pada bulan Mei tahun 2003, game ini langsung diserbu para gamer melebihi game-game sebelumnya. Game buatan Gravity (Korea) mempunyai gameplay dan gambar anime yang sangat cocok dengan kegemaran gamer Asia, bahkan game ini cukup sukses juga di berbagai negara Eropa.
Game keluaran PT. Lyto ini dengan mudah menarik banyak penggemar baru bahkan dari kalangan yang non-gamer. Game yang sangat sukses ini bahkan tidak hanya menguntungkan publishernya, tapi juga beberapa gamer bahkan membeli mobil atau apartemen dengan jual beli barang di dalam game ini. Ragnarok Online memakai grafik rendered 3D dengan karakter yang lucu-lucu, hingga menarik banyak pemain gamer cewek untuk memainkannya. Bukan rahasia lagi kalau beberapa gamer juga mendapatkan pasangannya bahkan pasangan hidup dari game ini.
Kelebihan game ini antara lain memiliki dunia luas yang bisa dijelajahi oleh para pemainnya. Selain itu pembagian karakter dan job-nya sendiri sangat baik bila dibanding dengan game-game lainnya. Monster, item dan peta juga dibuat dengan sangat baik. Fitur-fitur lainnya pada game seperti karakter bisa membuka chat room (pub), karakter yang bisa berjualan, menempa barang, mengambil quest dan masih banyak lagi, merupakan salah satu yang membuat game ini tidak menbosankan. Ragnarok sampai saat ini masih bertahan di Indonesia walau banyak bermunculan game-game online baru, dan dapat dikatakan bahwa Ragnarok merupakan game online tersukses di Indonesia.
Sumber :
http://gameprogramming.blog.ittelkom.ac.id
http://en.wikipedia.org
http://g2hcombro.wordpress.com
http://itwithmoonfang.blogspot.com
http://wartawarga.gunadarma.ac.id
No comments:
Post a Comment